Contoh Dekorasi Kamar Tidur Sempit Untuk Jasa Interior Design Kamu

    No Comments Rumah

    Kamar tidur mempunyai fungsi sebagai tempat istirahat setelah aktivitas seharian. Kenyamanan, relaksasi, dan keindahan suasana di dalam kamar dipercaya bisa menghilangkan letih setelah beraktivitas pemiliknya.

    Oleh karena itu, kamar tidur harus dalam keadaan bersih dan tertata, agar dapat memberikan kenyamanan bagi Anda. Tak terkecuali untuk kamar tidur yang sempit. Penataan kamar tidur yang sempit memerlukan banyak kreativitas agar tampak rapi, teratur, dan nyaman ditinggali. Sebagai Jasa Interior Design, mendesainnya pasti sangat penuh tantangan.

    Beberapa tips menata kamar tidur sempit di bawah ini, dapat memberikan gambaran kepada Anda tentang bagaimana tata ruang kamar tidur sempit agar terlihat menarik.

    1. Mengatur Posisi Tempat Tidur
      Tempat tidur merupakan perabot utama, yang harus mendapat perhatian dalam desain kamar tidur yang sempit. Anda bisa meletakkan tempat tidur di tengah dinding yang paling terlihat.

    Bisa pada bagian dinding yang menghadap ke arah Anda, ketika membuka pintu. Bisa juga di sisi dinding yang sama dengan pintu. Posisi seperti ini dapat memberikan Anda akses ke tempat tidur dari dua sisi.

    Jika ruang masih memungkinkan, Anda bisa meletakkan lampu tidur atau hiasan di kedua sisi tempat tidur.

    1. Mengatur Posisi Perabot yang Lain
      Kamar tidur sempit minimalis harus dimaksimalkan dengan pemilihan perabot yang tepat. Ukuran perabot sangat mempengaruhi kesan lapang pada ruangan.

    Jika Anda memiliki ruang yang cukup, Anda dapat menempatkan lemari pakaian sekaligus meja rias di dalam kamar. Selain memberi kesan elegan, lemari sekaligus meja rias juga memberi kesan rapi dan ringkas.

    Jika Anda memerlukan meja untuk belajar atau membaca, pilihlah meja yang kecil. Tempatkan meja di sudut ruangan, dengan tambahan hiasan seperti vas bunga atau bingkai foto di atasnya. Berikan ruang di antara perabot-perabot Anda agar terlihat teratur.

    1. Memasang Karpet dengan Tepat
      Desain kamar tidur sempit sederhana Anda akan semakin menarik dengan adanya karpet. Selain sebagai dekorasi pelapis lantai, karpet juga dapat memberi kesan luas.

    Jika tempat tidur Anda berada pada sisi tengah dinding, tempatkan 2/3 karpet di luar kaki tempat tidur. Meletakkan karpet pada posisi tersebut, membuat kaki Anda mendapat pijakan yang lembut dan hangat.

    Jika tempat tidur berada di sudut ruangan, tempatkan karpet di samping tempat tidur. Aboleh juga diletakkan di bawah perabotan lain, seperti meja rias atau meja belajar.

    Ukurankarpet juga mesti diperhatikan. Untuk kamar tidur yang sempit, gunakan karpet berukuran kecil, agar tidak menimbulkan kesan sesak.

    1. Mengatur Tempat Penyimpanan Barang
      Tempat penyimpanan barang, wajib diletakkan di kamar tidur jika Anda memiliki barang-barang penting dalam jumlah banyak. Ketidak tersediaan ruang membuat anda harus kreatif mengatur ruang penyimpanan, agar aman, ringkas, dan terorganisasi dengan baik.

    Anda dapat menggunakan kontainer atau kotak yang dapat disimpan di bawah tempat tidur, untuk menyimpan pakaian atau sepatu.

    Anda juga dapat membeli kotak penyimpanan yang sekaligus berfungsi sebagai tempat duduk. Pengaturan penyimpanan yang baik tentu saja memberi kesan rapi dan stylish di kamar anda.

    1. Memasang Wallpaper
      Wallpaper atau kertas pelapis dinding, mempunyai fungsi mempercantik, memberi kesan unik, dan berbeda pada ruang tidur Anda.

    Ada beberapa contoh wallpaper kamar tidur sempit untuk memperindah dinding kamar Anda, di antaranya;
    a. Wallpaper minimalis, yaitu wallpaper dengan motif garis, abstrak, atau geometris yang sederhana.
    b. Wallpaper tema alam, meliputi motif bunga-bunga, dedaunan, atau hutan. Wallpaper jenis ini dapat menciptakan suasana relaks di kamar Anda.
    c. Wallpaper warna, yaitu wallpaper dengan warna-warna yang dapat disesuaikan, dengan tema desain kamar tidur sempit minimalis sederhana Anda.

    Wallpaper di ruang sempit sebaiknya diaplikasikan di satu sisi dinding. Misalnya belakang headboard tempat tidur. Selain tidak memberi kesan penuh pada ruangan, juga menghemat pengeluaran Anda.

    1. Manfaatkan Dinding
      Ruang yang sangat terbatas, bukan berarti Anda tidak bisa meletakkan hiasan dan ornamen unik di kamar Anda.

    Dengan memasang rak kayu kecil pada dinding, Anda dapat menyimpan buku, bingkai foto atau patung-patung kecil di sana. Selain terlihat rapi, dengan hiasan di dinding, kamar tidur Anda tampak artistik.

    1. Perhatikan Sirkulasi Udara
      Buatlah sirkulasi udara yang cukup agar kamar tidak pengap dan panas. Selain jendela, ventilasi juga sangat penting untuk pergantian udara di dalam ruangan. Keduanya juga membuat kamar cukup mendapat cahaya dari luar.

    Itulah tips mengatur desain untuk kamar tidur sempit agar tampak teratur, lapang, dan menarik. Di samping membuat Anda merasa betah berada di dalamnya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *